Workshop Pengelolaan Perbatasan dan Tata Ruang Laut

Pada Tanggal 12 September 2014 di ruang pertemuan Perpustakaan Universitas Gadjah Mada telah berlangsung Workshop Pengelolaan Perbatasan dan Tata Ruang Laut dalam kesempatan tersebut telah disampaikan permasalahan, tantangan, dan solusi dalam pengelolaan perbatasan dan tata ruang laut. Selama ini diketahui bahwa masih banyak titik-titik perbatasan yang belum di tetapkan atau masih dalam pembicaraan antara Indonesia dengan 10 negara tetangga. Sebagai contoh perbatasan Indonesia dengan Malaysia di selat Malaka. Batas landas kontinen antara Indonesia dengan Malaysia sudah di sepakati, tetapi batas laut teritorial masih dalam pembicaraan. Konsekuensi dari masalah ini pengambilan sumberdaya di dasar laut (misal minyak bumi) batasnya sudah pasti tetapi kalau kita mengambil sumberdaya hayati di laut masih terjadi konflik. Kasus terakhir terjadinya pengusiran nelayan Indonesia dari zona sengketa tersebut oleh pihak Malaysia.

Dalam Workshop ini telah hadir dan menyampaikan pemikirannya antara lain:

  1. Prof.Dr. Marsudi Triatmodjo, SH., LLM. dari Fakultas Hukum UGM yang menyampaikan makalah “Dasar Penetapan Perbatasan Laut”
  2. Dr. I Made Andi Arsana dari Jurusan Geodesi Fakultas Teknik UGM yang menyampaikan makalah “Mengelola Batas Maritim Indonesia : Delimitasi dan Administrasi”
  3. Kol.Laut. Drs. Haris D. Nugroho, MSi. dari Ditwilhan Ditjen Strahan Kemenhan RI yang menyampaikan makalah “Kebijakan Kemenhan untuk Mendukung Pertahanan di Kawasan Perbatasan Laut”
  4. Dr. Abdul Kamarzuki Asisten Deputi Urusan Penataan Ruang dan Pembangunan Daerah Tertinggal Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian yang menyampaikan makalah “Pengembangan Pusat-Pusat Pertumbuhan di Kawasan Perbatasan Laut”
  5. Suparman A. Diraputra, SH., LLM. Fakultas Hukum Universitas Padjajaran Bandung menyampaikan “Pemanfaatan dan Pengendalian Ruang Kawasan Perbatasan Laut”

Pemaparan pembicara pertama dan kedua dipandu dan dirumuskan oleh Leni Sophia Heliani, ST., M.Sc., D.Sc. Pemaparan selanjutnya dipandu dan dirumuskan oleh Ferrianto H. Djais. Deputi Bidang Pengembangan Ekonomi dan Infrastruktur UP4B.

Makalah dan hasil Workshop dapat di unduh di laman makalah workshop.