Scientific Diving

Pelatihan Selam Ilmiah

Kegiatan riset dan survai lingkungan bawah air pada beberapa keadaan membutuhkan keterampilan penyelaman untuk mendukung tercapainya target. Scientific diving mengakomodasikan kebutuhan riset dan survai bawah air, memfasilitasi mengembangkan metode-metode dan peralatan yang sesuai dan aman untuk dilaksanakan dalam lingkungan bawah air, dan menekankan prinsip-prinsip keselamatan yang sesuai dengan kegiatan yang dilakukan.

Scientific Diving Course terdiri dari kelas teori skil penyelaman, diskusi studi kasus permasalahan survai dan penelitian bawah air berdasarkan pengalaman peserta, kelas kolam dan kelas laut dengan kasus penelitian/survai. Sertifikat internasional diberikan oleh Instruktur ditambah sertifikat kursus.

Setelah mengikuti kursus ini peserta memahami dan dapat menerapkan prinsip keselamatan bekerja utntuk survai dan penelitian di atas air dan di bawah air, menilai resiko metode penelitian yang digunakan dalam penyelaman, prinsip keselamatan dan efektifitas bekerja dalam grup saat penelitian di perairan, dan mendapatkan sertifikat selam internasional tingkat dasar.

Sasaran peserta

Peserta terbuka bagi para mahasiswa, peneliti dan surveyor yang akan bekerja di lingkungan perairan dan bawah air.

Waktu dan Tempat Kegiatan

Hari, tanggal : Sabtu, 20 September 2014
Tempat : Pusat Studi Sumber Daya dan Teknologi Kelautan

Person in charge

Juswono Budi Setiawan, M.Si. (Dive Master PADI)